Entri Populer

Translate

Cari Blog Ini

Memuat...

Teknik Memproduksi Nada

Selasa, 07 Agustus 2012 komentar
Teknik memproduksi nada 
yaitu pengetahuan tentang cara mengahsilkan suara bernada sesuai dengan nada yang dikehendaki. sebagaimana kita ketahui bahwa suatu nyanyian umumnya menuntut suara yang bernada dengan bermacam macam nada disuarakan secara beruntun silih berganti, sehingga suara berkesan indah. agar kita dapat bernyanyi sesuai dengan melodi yang dimaksud dalam lagu, langkah pertama yang harus ditempuh yaitu kita harus dapat memproduksi nada secara tepat, lancar, dan spontan agar dapat merasakan tepat atau tidaknya nada yang dihasilkan. 
untuk mencapai kemampuan yang demikian itu, dapat dilaksanakan dengan :
  • latihan menggunakan nada vokal kita dengan nada instrumen musik yang telah distem
  • latihan solfegio, yaitu teknik latihan menyanyi yang sistematis tidak terikat oleh notasi tertentu, biasanya dinyanyikan dengan suku kata yang mudah diucapkan misalnya: la.. la... la.. la..., na... na.. na..., ta... ta... ta..., dsb
Teknik resonansi
pengetahuan tentang cara cara menggunakan resonator (pengeras suara yang ada dalam tubuh manusia) agar suara yang dihasilkan lebih keras dan lantang.
resonator dibagi 3 : resonator mulut, kepala, dan dada

Teknik phrassing
adalah cara pemenggalan kalimat musik menjadi bagian bagian kalimat sehingga memperjelas makna dari isi lagu yang diungkapkan. dalam hal lain phrassing juga dimaksudkan untuk memudahkan vokalis dalam memitakan lagunya. Teknik phrassing ini perlu dimiliki oleh seorang vokalis. jika seseorang vokalis tidak memiliki kemampuan dibidang ini, sangat memungkinkan terjadinya pemenggalam kalimat musik secara tidak tepat, sehingga memungkinkan pula terjadinya salah informasi dari penyimpangan arti maupun isi lagu yang dibawakan.

komentar